SISTEM INFORMASI PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU BERBASIS WEB DI DESA PESANGGRAHAN
DOI:
https://doi.org/10.69714/qat4ex60Keywords:
Information systems, SKTM, public services, web, waterfall methodAbstract
Village-level public service processes frequently encounter obstacles like drawn-out manual processes, restricted information availability, and rigid service schedules. In order to increase the effectiveness of village administrative services, specifically in the creation of the Certificate of Inability (SKTM), this project intends to develop a web-based information system. The waterfall technique, which comprises phases for requirements analysis, system design, implementation, testing, and maintenance, is used to construct the system. The PHP CodeIgniter framework and MySQL database are among the technologies utilized. According to test results, this technology can improve transparency and service efficacy, speed up document processing, and make it easier for residents to access services online. It is anticipated that this method will be a creative way to facilitate the digitization of village government.
References
Eka Susanti, “KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM) DLIHAT DARI ASPEK RESPONSIVENESS (KETANGGAPAN) PADA KANTOR DESA PULAU KU’U KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG,” JAPB, vol. 6, 2023.
M. Melinda, R. Indra Borman, and E. Redy Susanto, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PUBLIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS : DESA DURIAN KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN),” 2017.
W. Septila, R. Afwani, N. Agitha, S. Kom, and M. Mt, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT KETERANGAN BERBASIS WEB DI DESA SIGERONGAN (System Information For Web-Based Certificate Service In Sigerongan Village).”
Jadiaman Parhusip, “PENGEMBANGAN WEBSITE SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KELURAHAN TUMBANG RUNGAN KOTA PALANGKA RAYA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” pp. 100–111, 2021.
Yulia Malikhah, “RANCANG BANGUN SISTEM PELAYANAN SURAT BERBASIS WEB KELURAHAN DESA KALITENGAH,” pp. 178–183, 2021.
E. Mahendra Agatha and D. Claretta, “PROGRAM PENDAYAGUNAAN MASYARAKAT PADA KEGIATAN LMI INNOVATION WEEKS 2023,” 2023. [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
P. Studi Manajemen, S. Muara Bulian, and J. JlGajah Mada, “Analisis Kepuasan Konsumen dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Usaha Laundry Bunda Nurjanah.”
Hajar Hasan, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DOKUMENTASI TERPUSAT PADA STMIK TIDORE MANDIRI,” JURASIK (Jurnal Sistem Informasi dan Komputer), pp. 23–29, 2021.
Mia Rosmiati, “Analisis Dan Perancangan E-Service Untuk Pelanggan Pada Jaya Bersama Konveksi,” IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, vol. 1, 2015.
D. Cipta, P. Diaz, ) Sulistiowati, and J. Lemantara, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN ONLINE PADA CV. MITRA TECHNO SAINS (Studi Kasus: CV. MITRA TECHNO SAINS),” 2016. [Online]. Available: www.lunix.vencelstudio.com
F. Irwanda, S. Aditya Ferary, S. Anisa Kamila, and B. Firmansyah Kartono Soebari, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN UMKM ANDIN DAN TUDUNG SAJI BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” 2022. [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
Eka Susanti, “KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM) DLIHAT DARI ASPEK RESPONSIVENESS (KETANGGAPAN) PADA KANTOR DESA PULAU KU’U KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG,” JAPB, vol. 6, 2023.
M. Melinda, R. Indra Borman, and E. Redy Susanto, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PUBLIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS : DESA DURIAN KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN),” 2017.
W. Septila, R. Afwani, N. Agitha, S. Kom, and M. Mt, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT KETERANGAN BERBASIS WEB DI DESA SIGERONGAN (System Information For Web-Based Certificate Service In Sigerongan Village).”
Jadiaman Parhusip, “PENGEMBANGAN WEBSITE SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KELURAHAN TUMBANG RUNGAN KOTA PALANGKA RAYA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” pp. 100–111, 2021.
Yulia Malikhah, “RANCANG BANGUN SISTEM PELAYANAN SURAT BERBASIS WEB KELURAHAN DESA KALITENGAH,” pp. 178–183, 2021.
E. Mahendra Agatha and D. Claretta, “PROGRAM PENDAYAGUNAAN MASYARAKAT PADA KEGIATAN LMI INNOVATION WEEKS 2023,” 2023. [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
P. Studi Manajemen, S. Muara Bulian, and J. JlGajah Mada, “Analisis Kepuasan Konsumen dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Usaha Laundry Bunda Nurjanah.”
Hajar Hasan, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DOKUMENTASI TERPUSAT PADA STMIK TIDORE MANDIRI,” JURASIK (Jurnal Sistem Informasi dan Komputer), pp. 23–29, 2021.
Mia Rosmiati, “Analisis Dan Perancangan E-Service Untuk Pelanggan Pada Jaya Bersama Konveksi,” IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, vol. 1, 2015.
D. Cipta, P. Diaz, ) Sulistiowati, and J. Lemantara, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN ONLINE PADA CV. MITRA TECHNO SAINS (Studi Kasus: CV. MITRA TECHNO SAINS),” 2016. [Online]. Available: www.lunix.vencelstudio.com
F. Irwanda, S. Aditya Ferary, S. Anisa Kamila, and B. Firmansyah Kartono Soebari, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN UMKM ANDIN DAN TUDUNG SAJI BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” 2022. [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
Kurniawan, D., Hogantara, A. K., Fauzi, A., & Pangestu, A. D. (2024). PERANCANGAN SISTEM PENGENALAN INFORMASI DESTINASI WISATA CURUG DI KAKI GUNUNG SALAK. Jurnal Riset Teknik Komputer, 1(1), 08-15.