ANALISIS STRATEGI INOVASI PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR PADA UMKM KERIPIK SAYUR YU MI
DOI:
https://doi.org/10.69714/bc1hp956Keywords:
Product Innovation Strategy, Product Competitiveness , and Market CompetitionAbstract
This study aims to determine the Analysis of Product Innovation Strategies in Facing Market Competition in Yu Mi Vegetable Chips MSMEs. This research uses a qualitative method with data collection techniques through interviews with five resource persons accompanied by observation to obtain more accurate information directly and documentation as evidence of research. The results showed that the product innovation strategy implemented by Yu Mi Vegetable Chips MSMEs includes new product development, product differentiation, attractive packaging design, and utilization of digital platform as promotional media. The strategy has a positive impact on competitiveness, customer loyalty, and business suistainability in the midst of intense competition.
References
Jurnal
Andreas Prasetia, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persaingan dan Pertumbuhan Pasar: Budaya, Sosial, Personal (Suatu Literature Review). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. Vol 2(4); 442-462, 2021.
Ardiansyah, Risnita, M. Syahran Jailani. “Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif”. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam. Vol.1(2) E-ISNN : 2987-1298, 2023.
Dalimunthe, M. B. “Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk”. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 3(2), 140-153, 2017.
Ernawati, E., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., & Sinambela, E. A. “Pengembangan Keunggulan Kompetitif UMKM Melalui Strategi Orientasi Pasar dan Inovasi Produk”. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2), 2022.
Hayati, F., Hsb, I. S., Leswara, M. D., Putri, D. A., & Boangmanalu, R. S. “Strategi Inovasi Produk Cemilan Basreng untuk Meningkatkan Daya Saing UKM di Era Digital”. Jurnal Pendidikan Tambusai; Vol. 9 No. 1 (2025); 806-811 ; 2614-3097 ; 2614-6754, 2025.
Indriyani, S., Yusda, D. D., & Helmita, H. “Pengaruh Pelayanan dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Geprek Bensu Lampung”. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 8(1), 59-67, 2023.
Irwan, A. M., Andriani, B., & Serang, S. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM Kota Makassar”. Jurnal Mirai Management, 8(2), 388-399, 2023.
Judijanto, L., Maqfirah, P. A.-V., & Ralahallo, F. N. “Tinjauan Literatur mengenai Strategi Inovasi dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif”. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science; Vol. 3 No. 04 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science; 474-485 ; Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science; Vol 3 No 04 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science; 474-485 ; 2964-2957, 2024.
Lambe, K. H. P., & Halik, J. B. “Inovasi Produk dan Proses sebagai Kunci Keunggulan Bersaing UKM Kuliner”. Paulus Journal of Accounting (PJA); Vol 6 No 1 (2024): Paulus Journal of Accounting (PJA); 82-93 ; Paulus Journal of Accounting (PJA); Vol. 6 No. 1 (2024): Paulus Journal of Accounting (PJA); 82-93 ; 2715-7474 ; 2715-9892, 2024.
Mohamad, R., & Niode, I. Y. “Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo”. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 1-14, 2020.
Pattipeilohy, V. R. “Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon)”. Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi); Vol. 7 No. 1 (2018); 66-73 ; 2597-4599 ; 2302-9560, 2018.
Rohmah, K., & Badi’, A. “Analisis Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Pasar pada Toko Roti Merah Delima Kediri”. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(2), 218-236, 2020.
Siswati, E., & Alfiansyah, R. “Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner Berbasis Inovasi (Studi pada UMKM Keripik Samiler Kasper di Sidoarjo)”. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 84-90, 2020.
Tania Regina. “Pengaruh Persaingan terhadap Harga dan Produksi”. Kompleksitas Jurnal Manajemen, Organisasi dan Bisnis; Vol. 12 No. 02 (2023); ISSN 1978-8754 ; e-issn 2964-8238, 2020.
Umbara, B. D., & Supandi, A. F. “Analisis Strategi Pengembangan UMKM Halal di Jember dalam Menghadapi Persaingan Pasar Nasional (Studi pada Peluang dan Tantangan)”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI), 2(2), 86-103, 2022.
Yuyun Indah Cahyani. “Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Layanan, dan Lokasi Strategis terhadap Kemajuan Perusahaan”. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital; Vol. 2 No. 2. 93-104. (2024) DOI https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i2
Zed, E. Z., Muniroh, S. A., Sabrina, A., & Novitasari, N. “Strategi Inovasi Produk dan Pemasaran untuk Meningkatkan Keberlanjutan UMKM”. Jurnal Pendidikan Tambusai; Vol. 8 No. 3 (2024); 48610-48613 ; 2614-3097 ; 2614-6754, 2024.
Online
Gamal Thabroni. “Inovasi Produk: Pengertian, Ciri, Jenis, Indikator & Sumber”. Serupa, 26 Mei 2022. [Online] Tersedia : https://serupa.id/inovasi-produk-pengertian-ciri-jenis-indikator-sumber/ [Diakses: 28 Februari 2025].
Gendut Marjoko. “Pengertian Daya Saing Dan Indikator Daya Saing”. Rumahumkm. 22 Juni 2016. [Online] Tersedia : https://www.rumahumkm.net/2016/06/pengertian-daya-saing-dan-indikator.html?m=1 [Diakses: 1 Maret 2025).
Haryo Limanseto. (2025). “Didominasi Penjualan Produk Lokal, Program Belanja Murah Akhir Tahun 2024 Mampu Bukukan Transaksi Hingga Puluhan Triliun Rupiah”. Konferensi Pers. Jakarta, 2 Januari 2025. [Online] Tersedia : https://www.ekon..go.id/publikasi/detail/6121/didominasi-penjualan-produk-lokal-program-belanja-murah-akhir-tahun-2024-mampu-bukukan-transaksi-hingga-puluhan-triliun-rupiah [Diakses: 27 Februari 2025).
Konsultan Edu. “Catat! 2 Perbedaan Utama Data Primer dan Data Sekunder Lohh”. Konsultan Edu, 14 Agustus 2024. [Online] Tersedia : https://blog.konsultanedu.id/blog/2-perbedaan-data-primer-dan-data-sekunder/ [Diakses: 26 Mei 2025).
Muchlisin Riadi. “Inovasi Produk (Aspek, Jenis, Indikator dan Penyebab)”. Kajianpustaka, 9 November 2022. [Online] Tersedia : https://www.kajianpustaka.com/2022/06/inovasi-produk.html?m=1#1-pengertian-inovasi-produk [Diakses: 27 Februari 2025).
Muftia Parasati. “Inovasi Produk: Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis”. Effist Suite Office. 30 Agustus 2024. [Online] Tersedia : https://effist.com/article/inovasi-produk/ [Diakses: 27 Februari 2025).
Nurfadhela Faizti. “Macam-Macam Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian”. Duniadosen. 13 September 2023. [Online] Tersedia : https://duniadosen-com.cdn.ampproject.org/v/s/duniadosen.com/macam-macam-analisis-data-kualitatif/amp/?amp_gsa=1&_js_v=a9&usqp=mq331AQIUAKwASCAAgM%3D#amp_tf=From%20%251%24s&aoh=17557968612187&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%ampsare=https%3A%2F%2Fduniadosen.com%2Fmacam-macam-analisis-data-kualitatif%2F [Diakses: 28 Februari 2025).
Wahyu Adityo Prodjo. “10 Strategi untuk Melakukan Inovasi Produk”. Kompas. 3 Januari 2023. [Online] Tersedia : https://umkm.kompas.com/read/2023/01/03/190000183/10-strategi-untuk-melakukan-inovasi-produk?page=all [Diakses: 28 Februari 2025).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.