PENGARUH KINERJA KEUANGAN, STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023)

Authors

  • Rifa Amalia Ridho Universitas Budi Luhur Author
  • Rismawandi Rismawandi Universitas Budi Luhur Author

DOI:

https://doi.org/10.69714/19yhgt07

Keywords:

Kinerja Keuangan, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan

Abstract

The purpose of this research is to determine financial performance, capital structure, company size, and sales growth on company value. The population in this research is food and beverage sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in the 2019-2023 financial reports. By using a sampling technique, namely using a purposive sampling method with a total sample of 37 companies. This research uses multiple linear regression analysis methods with the help of the Statistical Package for Social Science (SPSS) Version 25 program. The results of the research show that financial performance and capital structure have a positive and significant influence on company value, company size has a negative and significant influence on company value, and Sales growth does not have a significant effect on company value.

References

Aminudin, Shafa N.A., Murni, Sri., & Untu, Victoria N. (2023). ANALISIS KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR TRANSPORTASI DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal EMBA.

Areta, E. A., & Setijaningsih, H. T. (2024). PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. CAKRAWALA –Repositori IMWI , 7(1).

Bagaskara, R. S., Titisari, K. H., & Dewi, R. R. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Peusahaan. Forum Ekonomi, 23(1), 29–8. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI/article/view/10617

Baheri, J., Makkulau, A. R., & Rahmah, W. (2022). YUME : Journal of Management Peran Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi Antara Firm Size dan Pertumbuhan Aset Terhadap Nilai Perusahaan Jasa di Bursa Efek Indonesia. YUME : Journal of Management, 5(2), 428–439. https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.2557

Brigham, E. F., & Houtson, J. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (14th ed.). Salemba Empat.

Darminto, Dr. D. P. M. A. C. S. R. Q. (2019). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN (Keempat). UPP STIM YKPN.

Fallah, M., Surya Abbas, D., & Ervianni Zulaecha, H. (2022). Pengaruh struktur modal, kinerja keuangan perusahaan, ukur,an perusahaan dan kualitas auditor eksternal terhadap nilai perusahaan. 1(3).

Fajriah, A. L., Idris, A., & Nadhiroh, U. (2022). PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(1). https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen

Farida Ulfa, I., & Ardiana, E. (n.d.). AUDIT DELAY ANALYSIS THROUGH LISTING AGE, AUDIT COMMITTEE, AUDIT TENURE AND SUBSIDIARIES. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Iskandar, D. (2021). The Effect Of Profitability and Sales Growth On Company Value Moderated by Leverage.

Putra, A. P., Widyastuti, S., & Sari, R. (2021). PENGARUH KINERJA KEUANGAN, STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN JAKARTA ISLAMIC INDEX. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2, 444–458.

Putra, R. D., & Gantino, R. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11(1), xx-xx. https://doi.org/10.15408/ess.v11i1.20338.

Putri, I. M., & Hastuti, R. T. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI.

Setiawati, L. P. E., Mariati, N. P. A. M., & Dewi, K. I. K. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Ukuran terhadap Nilai Perusahaan. Remik, 7(1), 222–228. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12024

Spence, M. (1973). Job Marketing signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355–374.

Umdiana, Nana., & Cucu, Nurjanah. (2020). Analisis Jalur Struktur Modal dan Nilai Perusahaan dengan Metode Trade Off Theory. JURNAL RISET AKUNTANSI TERPADU..I

Yulianti, V., & Ramadhan, Y. (2022). PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN, 1–15.

Tarigan, Y.T., Ramadhani, D.D.S., Firmansyah, A., Ikhsan, W.M. (2022). Hubungan Kinerja Keuangan Perusahaan dan Nilai Perusahaan. Studi Akuntansi dan Keuangan Indonesia.

Downloads

Published

10-09-2024

How to Cite

PENGARUH KINERJA KEUANGAN, STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023) (Rifa Amalia Ridho & Rismawandi Rismawandi , Trans.). (2024). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 1(5), 34-43. https://doi.org/10.69714/19yhgt07