PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

(Studi pada Konsumen Kopi Dari Hati Petrocafe, di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan)

Authors

  • Ridho Vriya Pratama Universitas Budi Luhur Author
  • Ravindra Safitra Hidayat Universitas Budi Luhur Author

DOI:

https://doi.org/10.69714/jg73cc77

Keywords:

Price Perception, Product Quality, Service Quality, Purchasing Decisions

Abstract

This research aims to examine the influence of price perceptions, product quality and service quality on purchasing decisions.  Sampling in this study used a purposive sampling technique with a total of 135 respondents.  Data was collected through a questionnaire with a Likert scale which was processed using Microsoft Excel 2019 software and SPSS version 26 software. The research method used was multiple linear regression.  The results of this research show that the variables of price perception, product quality and service quality have a positive and significant effect on purchasing decisions.  The results of the research are expected to provide information that perceptions of price, product quality and service quality can improve consumer purchasing decisions for Kopi Dari Hati Petrocafe.

References

Adriyanto, A. T., & Fauzi, M. F. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Counter Handphone. Solusi, 21(3), 664. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7049

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Aldini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.52005/aktiva.v3i1.130

Aristayasa, I. K., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 15(2), 90–103.

Ariwangsa, I. G. N. O., Lasmi, N. W., & Darma, I. M. R. A. (2023). Pengaruh E-Wom, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. EconBank: Journal of Economics and Banking, 5(2), 214–222. https://doi.org/10.35829/econbank.v5i2.317

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.256

Erdawati, Endarwita, & Ria Widiasari. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE. Journal of Social and Economics Research, 5(1), 184–190. https://doi.org/10.54783/jser.v5i1.82

Manoy, T. I., Mananeke, L., & jorie, R. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Ake Maumbi. Jurnal EMBA, 9(4), 314–323.

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Religia, Y., Pebrian, P., Sriyanto, A., & Setyarko, Y. (2023). PERAN PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Toko Buku Gunung Agung, Jakarta). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 12(1), 52. https://doi.org/10.36080/jem.v12i1.2231

Rifa’I Bayu, Mitariani Ni Wayan Eka, & Imbayani I Gusti Ayu. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet Di Gallery Smartfren Denpasar. Values, 1, 1–12.

Robi’ah, D. W., & Nopiana, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME : Journal of Management, 5(1), 433–441. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.235

Sasti, A. A., Sijabat, R., & Darmaputra, M. F. (2023). Analisis Pengaruh Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 2(2), 173–188. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1640

Wongkar, K., Lumanauw, B., & Kawet, R. C. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kokumi Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 431–441. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49014

Downloads

Published

27-09-2024

How to Cite

PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN: (Studi pada Konsumen Kopi Dari Hati Petrocafe, di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan) (Ridho Vriya Pratama & Ravindra Safitra Hidayat , Trans.). (2024). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 1(5), 90-97. https://doi.org/10.69714/jg73cc77