PENGARUH MODAL USAHA, LAMA USAHA, DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR SUNGGINGAN BOYOLALI

(STUDI KASUS PEDANGGANG PASAR SUNGGINGAN)

Authors

  • Ovi Arizka Maeshinta ITB AAS Indonesia Author
  • Indra Lila Kusuma ITB AAS Indonesia Author
  • Wikan Budi Utami ITB AAS Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.69714/5z6mya49

Keywords:

Business Capital, Business Duration, Business Location, Revenue

Abstract

The purpose of this research is to analyze the impact of business capital, business location, and business location on the income of Boyolali market traders. The population at this start is a merchant in the Sunggingan Market of Boyolali district. The sample of this study consisted of 100 respondents, taken with the Slovin formula. The variables used include enterprise capital (X1), enterprise duration (X2), enterprise location (X3), and income (Y). The data analysis used in this study uses descriptive analysis, validity tests, reliability tests, and classical assumption tests, with hypothesis testing using double linear regression analysis, the F test, the t test, and the determination coefficient. The results show that partially the variable that affects the trader's income is the location of the business (X3), with a t test result of 2,779 > t table of 1,98498. Whereas the business capital (X1) and the duration of the enterprise (X2) have no significant influence on the traders' income, with the result of the capital test count of the company (X1) |-1,176 | < t table 1.98498, as well as the results of the long-term enterprise test of 1,160 < t table 1.98498.

References

N. P. Lestari and S. Widodo, “Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha, dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Manukan Kulon Surabaya,” Econ. J. Ilmu Ekon., vol. 3, no. 1, p. 8, 2021

H. A. Fadhlani, “Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medan,” Visioner Strateg., vol. 6, no. September, p. 112, 2017

N. T. Nugroho and I. W. Utami, “Pengaruh Modal, Lokasi Usaha, Dan Kondisi Tempat Berdagang Terhadap Pendapatan Pedagang,” Excellent, vol. 7, no. 1, pp. 69–75, 2020

W. Anggrain, Pengaruh Faktor Modal,Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pedagang Pasar Pagi Perumdam ll Sriwjaya Kota Bengkulu. 2019.

A. F. Alkumairoh and W. D. Warsitasari, “Pengaruh Modal Usaha, Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Pedagang Pasar Gambar Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar,” SOSEBI J. Penelit. Mhs. Ilmu Sos. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 2, no. 2, pp. 202–219, 2022.

D. Meilinda and A. Mahmud, “Pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR), Total Aset, Jumlah Tenaga Kerja, Biaya Pemasaran Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang,” Bus. Account. Educ. J., vol. 1, no. 3, pp. 247–257, 2020.

B. Prihatminingtyas, “Pengaruh Modal, Lama Usaha, Jam Kerja, dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Ladungsari,” vol. 7, no. 2, pp. 147–154, 2019.

N. W. MURTHI, “Analisis Pendapatan Pedagang Di Pasar Kediri Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan Ditinjau Dari Faktor Internal,” Ganec Swara, vol. 17, no. 2, p. 703, 2023.

A. Syahputra, E. Ervina, and M. Melisa, “Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk terhadap Pendapatan UMKM,” J. Manag. Bussines, vol. 4, no. 1, pp. 183–198, 2022.

N. W. Murthi, I. B. N. Wiratmaja, and I. M. G. Aryawan, “Pengaruh Modal, Tenaga Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Peternak Ayam Petelur Di Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan,” Maj. Ilm. Untab, vol. 15, no. 2, pp. 172–177, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2018.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23, 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.

D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. 2013.

P. P. (Perpres), “Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Berbelanjaan dan Toko Modern.” [Online]. https://peraturan.bpk.go.id/Details/42157/perpres-no-112-tahun-2007

Asmawati, “Pengaruh Modal, Lokasi, dan Jam Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional (Studi Pada Pasar Petir),” Skripsi, vol. UIN SMH BA, 2019.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2020.

P. K. Boyolali, “Pasar Sunggingan dituutp Sementara Tiga Hari,” Boyolali.go.od. [Online]. Available: http://boyolali.go.id/news/pasar-sunggingan-akan-ditutup-sementara-tiga-hari

K. Nisa and M. Sahnan, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di Pasar Kecamatan Pangkatan,” JEKKP (Jurnal Ekon. Keuang. dan Kebijak. Publik), vol. 3, no. 1, pp. 1–15, 2021.

D. L. Muflikah, “Pengaruh Relokasi Pasar, Modal Usaha dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Muslim (Studi Kasus Di Pasar Parang Kabupaten Magetan),” Dr. Diss. IAIN Ponorogo, p. 20, 2021

D. Utami, “Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha, dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang di Pasar Puring Kecamatan Pontianak Utara,” J. Pembang. dan Pemasar., vol. 11,No 1, p. 6, 2022.

S. H. Uge, Tri Handayani Amaliah, and M. Mahmud, “Pengaruh Modal Usaha, Biaya Dan Jenis Kelamin Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional,” Jambura Account. Rev., vol. 3, no. 1, pp. 37–51, 2022

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

PENGARUH MODAL USAHA, LAMA USAHA, DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR SUNGGINGAN BOYOLALI: (STUDI KASUS PEDANGGANG PASAR SUNGGINGAN) (Ovi Arizka Maeshinta, Indra Lila Kusuma, & Wikan Budi Utami , Trans.). (2024). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(3), 78-87. https://doi.org/10.69714/5z6mya49